Sabtu, 09 Mei 2009

Tentang Saya

Sebagai entry pertama, saya ingin mencurahkan tentang perjalanan spiritual saya. Ternyata blog asik juga, boleh tulis apapuuuuuuun yang gw inginkan. Saya saat ini dimata teman-teman saya adalah seorang muslim KTP. Coro jowone: islam abangan. Saya malas shalat, pura-pura puasa, gak lancar baca Al Qur'an waktu terjerat asistensi agama, ucapan saya mencerminkan orang yang tidak memperdulikan akhirat, dan lain-lain. Tapi mereka toh tetap berteman dengan saya, tanya kenapa. Dulu saya diam saja mendengar komentar teman-teman akan kekafiran saya, akan ceramah teman-teman tentang pentingnya shalat yang akan menghindarkan kita dari panasnya neraka, akan teriakan memekakan di kuping saya untuk shalat. Seakan-akan saya anaknya yang wajib dipukuli pakai lidi berjumlah umur saya saja. Mungkin kalo di sekolah ada lidi, teman saya udah smack saya kali. Dulu saya diam saja. Tertawa-tawa menikmati predikat kafir. Bangga, bangga karena saya berani beda dari yang lain. Berani melanggar, anak culun yang sok rebel. Tertawa-tawa membayangkan teman saya yang berpikir betapa burukya orang tua saya dalam membesarkan anak beragama Islam.



Tapi sekarang saya berani berbicara, berani mengakui pijakan saya terhadap agama dan hubungan pribadi saya dengan Pencipta. Teman-teman itu saya jelaskan tentang diri saya hingga sampai pada kesimpulan, everything happens for a reason. Begini cerita saya..



Saya terlahir dari keluarga dengan latar belakang religi yang berbeda-beda. Mulai dari bapak saya. Bapaknya dia Islam(islam abangan juga saya rasa), menikah dengan istrinya yang dari keluarga jawa yang katolik. Dari keluarga masing-masing eyang saya itu juga banyak perbedaan agamanya. lalu mereka punya 5 anak, bapak saya anak ke 3. Yang aneh dari bapak saya, dari 5 bersaudara, hanya bapak saya yang memilih Islam. Sisanya adalah katolik. Katanya bapak Islam dari kecil dan saudara2nya Katolik dari kecil. Bapak sendiri tak pernah menjelaskan kenapa dia memilih Islam, "yaaah pokoknya Islam lah", jawab bapak saya. Sebagai satu-satunya muslim di keluarga katolik(kakek akhirnya pindah katolik), saya rasa tingkat keislaman bapak saya gak tinggi. Cuma ikut pengajian kampung, etc. Baik, itu bapak saya.



Lalu ibu saya. Bapak-ibu dari ibu saya berKTPkan Islam. Namun mereka masing-masing memilih kepercayaan aliran sebagai pegangan mereka. Kakek saya ikut aliran Jawa namanya Pangestu, markasnya di daerah Gandaria, daerah eyang saya. Katanya Pak Harto juga ikut Pangestu. Alirannya bernafaskan Islam, tapi sepengertian saya aliran tersebut lebih mementingkan hubungan manusia secara horizontal, ketimbang aspek-aspek rutin Islam. "Kalau ada jarum jatuh, pungutlah, nanti ada yang terluka", itu yang sering ibu saya sebut-sebut tentang ajaran Pangestu. Oke lah, kakek saya saking cintanya sama Pangestu, dia ngedonasiin warisan bapaknya yang guede banget gitu kata Ibu gw ke Pangestu, sampe bikin berantem kakek-nenek gw. Nah, sekarang nenek gw. Dari semua kakek-nenek gue, nenek yang inilah yang paling Islami di antara yang lain. Dia shalat, walau cuma sekali-sekali, dia juga puasa kalo bulan puasa dan kalo anak-anaknya ujian. Yang gw liat dari nenek gw ini, dia ikut aliran sufi. sebenernya dari semua eyang, gw cuma kenal yang ini, 14 tahun tinggal di rumahnya. Tiap minggu ada pertemuan sufi di rumah kami. Yang dateng kakek-kakek bawa laptop(jaman itu laptop belom ngetren tuh padahal) dia bosnya gitu, orang-orang chinese, india, pribumi, eyang-eyang, dan anak muda kadang-kadang. Gw gak ngerti alirannya gimana. Kyaknya universal gitu deh, ga terikat ke satu agama. Yang gw tau, dulu gw gak setuju banget sama kelompok itu. Dulu gw masih belom seterbuka sekarang. Dulu gw takut banget nenek gw bakal dibakar di neraka. Padahal harusnya gw takutin diri sendiri. Sayang, nenek gw udah meninggal sebelom gue bisa ngerti inti alirannya dia. Padahal gue penasaran. Terus ibu gw. Jaman dulu sekolah yang bagus adanya sekolah katolik. Jadi dari tk sampe sma, dia disekolahin di sekolah katolik cewek. Tapi dia gak jadi katolik sih. Banyak yang Islam juga di sekolah itu.



Oke itu background keluarga gw. Apa yang bisa ditarik dari paragraf di atas anak-anak? Keluarga gw gak Islami kayak keluarga-keluarga lain. Bapak-ibu gw gak ngajarin gw sholat, gak nyeritain gw kisah nabi, gak ngasih teladan berpuasa di bulan suci Ramadhan. Mereka cuma masukin gw dan kakak gw di tk dan sd islam aja. Udah. mereka pikir sekolah tersebut bisa mengislamikan gw dan kakak-kakak gw. Mereka pikir kehadiran lembaga madrasah bisa menutupi kewajiban mereka sebagai penuntun gw dalam hidup beragama. Mereka pikir akhirnya gw dan kakak-kakak gw bakal jadi orang-orang pertama di garis keturunan kami yang akan jadi Islami beneran. Setengah salah. Dua kakak-kakak gw jadi Islami. Gw nggak. Kenapa gw nggak? Gw belom tau. Jadi sekarang udah terjawablah kenapa gw gak Islami. Karena keluarga gw gak Islami. Gw gak dipaksa shalat/puasa dll. Orang tua gw ga nulis apa-apa di kertas keagamaan gw. Kertas gw masih kosong. Harus gw sendiri yang nulis, cari tau sendiri. Akhirnya temen-temen gw bisa jadi rada ngerti lah sekarang.



Oke sekarang gw cerita perkembangan spiritual gw di tiap fase sekolah gw. Tk gw lupa. Kayaknya gw belom ngapa-ngapain. Sd gw di sd islam. image sd gw di mata gw sampe sekarang adalah: HOROR. Ogah banget gw sekolah islam lagi. hafalan, hafalan, hafalan. Guru gw psychic gitu, murid yang ga shalat bisa ketauan. Murid yang ga puasa, juga ketauan. Jangan-jangan murid yang udah ga perawan juga ketauan. di sana tuh pokoknya HARUS SHALAT HARUS PUASA, NO QUESTIONS!! Ya udah, gw ikutan shalat. Ikutan ngikutin set gerakan tersebut. Udah gitu aja. Sd gw bikin gw nganggep Islam itu adalah agama yang keras, tanpa cinta kasih. Yang penting lu afal, yang penting lu gerak. Walk the walk, talk the talk, and you'll be guaranteed a place in the air-coned heaven. WTF???



Mana tengah-tengah studi gw di sd islam, bonyok pindah ke aussie. Di aussie gw masuk sekolah negeri yang isinya campuran macem-macem kultur asian, european, pasific islander, russian, and australian. Kebanyakan kresten. Yang gak kristen pun ikut acara-acaranya kristen. Dan guess what?? Acaranya seru-seru banget. Child-friendly. Ternyata orang-orang yang katanya kafir itu hangat juga. Hangat banget. Seru. Gw jadi afal christmas carols, suka easter eggs, ngirim-ngirim christmas cards. Senaaaang. Ada satu cerita, keluarga gw kan ga puasa, cuma anak pertama doang yang puasa. Di aussie ada restoran indonesia, kita sering ke situ. Pas bulan puasa juga. Terus gw yang polos nanya ke ibu,



"Bu ntar kalo mbak-mbaknya pada nyadar kita gak puasa gimana bu??"



"Gak papah, paling kita dikira kresten.."



Ok, lanjut makan.



Apa yang terjadi? Pas acara lebaranan, kita ketemu aja gitu sama dua atau tiga mbak-mbak restoran itu. Aihhhh malu banget, pada salaman lagi. Ah tidaaak, gini toh rasanya dipermalukan sama keluarga sendiri. Wanjeeeng. Ya udah, gak papa. Kita tetep makan di situ terus.



Nah, setelah kami balik ke indo lagi, gw balik ke sd itu lagi. Sampe sana, kemahiran beragama gw jauh di bawah anak-anaka lainnya. Shalat aja gak bisa. Gila aib banget, gw diomongin sama beberapa anak. Pas shalat, gw clingak-clinguk ngeliatin cara anak lain shalat. Baca Al Qur'n di kelas sama aja self humiliation. Gak bisaaaaa. Kacauuuuuuu. Gak pernah iqra. Orang tua dipanggil ke sekolah. Gw dipanggilin guru les ngaji. Akhirnya jadi bisa dikit. Jadi bisa lulus SD dan lanjut ke SMP negeri. No way banget gw SMP islam lagi.



Oke di SMP negeri, mulailah pemikiran-pemikiran goblok gw tentang Islam. Pas SMP, status keislaman gw: BENCI ISLAM.





to be continued some other time....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar